Sabtu, 30 November 2013

PATEN UNTUK PENITI

Pada 10 April 1849, ahli mekanik dari New Yor, AS, Walter Hunt memperoleh paten pertama untuk peniti. Uniknya, Hunt sama sekali tidak terpikir besarnya potensi pemanfaatan peniti. Ia sedang berutang sebesar 15 dollar AS kepada seseorang. Gagasan tentang peniti muncul dalam waktu tiga jam. Setelah memperoleh paten, ia lalu menjualnya kepada perusahaan W R Grace and Company seharga  400 dollar AS sehingga dapat melunasi utang.

Ia juga merancang mesin jahit, tetapi tidak mematenkannya karena khawatir akan membuat penjahit menganggur. Belakangan, penemu bernama Elias Howe mengajukan paten atas rancangan mesin jahit. Hal ini mendorong terjadinya sengketa di pengadilan pada 1854. Hunt menggunakan jasa seorang pengacara paten untuk memenangkan perkaranya. Namun, ternyata rancangan Hunt memiliki kelemahan yang membuatnya menjadi kurang praktis untuk digunakan.

Sementara itu, di Inggris, rancangan serupa peniti diajukan oleh Charles Rowley pada 12 Oktober tahun yang sama dengan saat Hunt mematenkan rancangannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar