Jumat, 08 November 2013

BOSSA NOVA

Bossa Nova artinya tren baru. Bossa Nova lahir di Rio de Janeiro, Brasil, awal 1960-an. Eksponennya antara lain Joao Gilberto dan Antonio Carlos Jobim.

Aliran musik bossa nova memang lentur untuk menampung karya dari mana saja dan kapan saja karya itu dibuat. Lagu “Fly Me to the Moon" misalnya, digubah Bart Howard tahun 1954 atau sebelum bossa nova muncul. Lagu itu masuk standar bossa nova setelah ratu bossas Astrud Gilberte membawakannya. Akan tetapi, “Fly Me to the Moon” juga milik jazz swing, terlebih setelah Frank Sinatra melantunkannya.

Gaya bernyanyi bossa nova cenderung dibawakan dengan lembut, natural, dan tidak mengandalkan vibrasi. Gaya bernyanyi tanpa vibrasi semacam itu mengacu pada karakter vokal Astrud Gilberto yang dulu adalah istri Joao Gilberto. Penyanyi itu pada awal 1960-an populer lewat lagu “Girl from Ipanema”, yang menjadi lagu wajib bossas.

Seperti diketahui, lagu-lagu bossa nova karya komponis Brasil banyak ditulis dalam bahasa Portugis, termasuk “Garota de Ipanema” atau “Girl from Ipanema”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar