Jumat, 29 November 2013

ZAHA HADID

Zaha Hadid lahir di pada tahun 1950 di Baghdad, Irak. Dia menerima gelar di bidang matematika dari American University di Beirut sebelum pindah belajar di Architectural Association School of Architecture di London.

Setelah lulus dia bekerja dengan mantan gurunya, Rem Koolhaas dan Elia Zenghelis di kantor Metropolitan Architecture, yang menjadi mitranya di tahun 1977. Bersama dengan Koolhaas dia bertemu dengan insinyur Peter Rice yang memberi dukungan dan dorongan awal, pada saat pekerjaan awalnya sulit untuk membangun. Pada tahun 1980 ia mendirikan perusahaan sendiri yang berbasis di London.

Selama tahun 1980 ia juga mengajar di Architectural Association. Dia juga mengajar di lembaga bergengsi di seluruh dunia, ia menjabat ketua Tange Kenzo di Graduate School of Design, Harvard University, ketua Sullivan di University of Illinois di Chicago School of Architecture, Guest Professorships di Hochschule fur bildende Künste Hamburg, Knowlton School of Architecture, di The Ohio State University, Master Studio di Columbia University, New York dan di Eero Saarinen Architectural Design at The Yale School of Architecture di New Haven, Connecticut. Selain itu, ia menjadi anggota kehormatan American Academy of Arts and Literature dan Honorary Fellow dari American Institute of Architects.

Zaha Hadid seorang pemenang kompetisi internasional, secara teoritis berpengaruh dan inovaif, sejumlah desain Hadid menang walau tidak dibangun, terutama The Peak Club di Hongkong (1983), dan Cardiff Bay Opera House di Wales (1994). Pada tahun 2002 Hadid memenangkan kompetisi desain internasional untuk merancang Singapore’s One-North Masterplan. Pada tahun 2005, desainnya memenangkan kompetisi untuk New City Casino of Basel, Swiss.

Pada tahun 2004 Hadid menjadi wanita pertama sekaligus wanita muslim pertama penerima Pritzker Architecture Prize, setara Hadiah Nobel. Sebelumnya, dia telah dianugerahi CBE untuk layanan arsitektur. Dia adalah Anggota Dewan editor Encyclopædia Britannica. Pada tahun 2006, Hadid di hormati dengan retrospektif mencakup seluruh pekerjaannya di  Museum Guggenheim di New York. Pada tahun itu ia juga menerima gelar Kehormatan dari American University di Beirut.
Perusahaan desain arsitektur Zaha Hadid “Zaha Hadid Architects” memiliki lebih dari 350 orang yang kuat, yang berkantor pusat di Victorian Former School Building di Clerkenwell, London. Pada tahun 2008, ia menyandang peringkat ke-69 dalam daftar Forbes “100 Wanita Dunia Paling Berpengaruh.” Pada tanggal 2 Januari 2009, ia menjadi Guest Editor di “BBC’s flagship morning radio news programme,  Today.” Pada tahun 2010 dia dinobatkan oleh majalah Time sebagai 100 pemikir berpengaruh di edisi 2010. Pada bulan September 2010, The British Magazine New Statesmen menenmpatkan Zaha Hadid di nomor 42 dalam survei tahunan mereka dari “50 tokoh dunia paling berpengaruh 2010.”

Dia memenangkan Stirling Prize dua tahun berturut-turut pada 2010, untuk salah satu karyanya yang paling terkenal, Maxxi di Roma, dan di 2011 untuk Evelyn Grace Academy, sebuah sekolah berbentuk huruf Z di Brixton. Hadid adalah desainer dari “Dongdaemun Design Plaza & prk” di Seoul, Korea Selatan, yang diharapkan dapat menjadi pusat perayaan untuk kota ini.
Dia juga telah melakukan beberapa pekerjaan profil tinggi interior, termasuk Mind Zone dan Feet Zone di Millenium Dome di London serta menciptakan “Fluid Furniture Installations” dalam lingkungan Home House Private Members Club Georgian di Marylebone, dan Z.CAR Hydrogen-Powered, mobil roda tiga.

Pada tahun 2009, ia bekerjasama dengan merk pakaian Lacoste, untuk membuat mode, high fashion, dan boot canggih. Pada tahun yang sama, dia juga bekerjasama dengan manufaktur barang kuningan Triflow Concepts untuk menghasilkan dua desain baru yang di dalamnya terkandung gaya arsitektur parametrik ciri khasnya.

Pada tahun 2007, Zaha Hadid mendesain Moon System Sofa untuk produsen furnitur Italia terkemuka B & B Italia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar