Sabtu, 30 November 2013

KULIAH TENTANG LISTRIK DIIKLANKAN

Pada 11 April 1751, ilmuwan, penemu, dan dosen yang mengkhususkan diri pada penyelidikan tentang listrik Ebenezer Kinnersley memuat iklan di surat kabar Pennsylvania Gazette yang menyatakan bahwa ia akan memberikan kuliah tentang "Api Listrik yang Baru Ditemukan" (The Newly Discovered Electrical Fire). Kuliah semacam ini merupakan yang pertama di AS dan Eropa.

Iklan tersebut berbunyi: "Dengan ini diberikan kepada yang penasaran bahwa Rabu depan, Tuan Kinnersley mengusulkan untuk memulai sebuah kuliah tentang percobaan-percobaan pada api listrik yang baru ditemukan, berisi tidak hanya yang paling menarik perhatian yang telah dibuat dan diterbitkan di Eropa, tetapi juga sejumlah hal  baru yang dibuat di kota ini, disertai kuliah tersusun tentang sifat dan kandungan dari elemen  yang luar biasa ini."

"Api Listrik" telah menjadi perbincangan di Inggris dan daratan Eropa, tetapi tampaknya para ahli di Philadelphia, Pennsylvania melakukan penemuan-penemuan yang lebih baru. Kuliah yang diberikan Kinnersley terbukti sangat diminati dan diikuti oleh orang-orang dari berbagai kalangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar