Jumat, 29 November 2013

MESIN PENABUR BENIH DIPATENKAN

Pada 25 Januari 1799, Eliakim Spooner dari Vermont, AS, mematenkan rancangan berupa mesin penabur benih tanaman yang bekerja menggunakan gaya gravitasi. Meski menjadi mesin pertama di bidangnya yang memperoleh paten, tetapi rancangan Spooner tersebut dianggap tidak praktis. Tidak diketahui apakah rancangan tersebut sempat diproduksi.

Mesin penabur pertama yang dipatenkan di AS dan benar-benar dapat digunakan adalah rancangan Joseph Gibbons dari Michigan. Rancangan paten nomor 1.731 tersebut merupakan kombinasi dari mesin bor dengan rongga untuk menaburkan benih serta perangkat untuk mengatur volume atau banyaknya benih yang ditabur.

Dalam paten tersebut, Gibbons menyatakan bahwa rancangannya tidak berbeda jauh dengan rancangan-rancangan sejenis lainnya. Hanya saja perbedaan mendasar sekaligus pengembangan yang dilakukan adalah terkait kemampuan rancangannya dalam menentukan dan mengatur kapasitas rongga untuk menampung benih yang hendak ditabur. Itu sebabnya, rancangan Gibbons tersebut diberi judul "Pengembangan dalam Penanam Benih".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar